cover
Contact Name
Muhadi
Contact Email
Muhadi
Phone
-
Journal Mail Official
jurnal@stikes-yrsds.ac.id
Editorial Address
-
Location
Kota surabaya,
Jawa timur
INDONESIA
Jurnal Manajemen Kesehatan Yayasan RS.Dr. Soetomo
ISSN : 24770147     EISSN : 2581219X     DOI : -
Core Subject : Health,
Jurnal Manajemen Kesehatan Yayasan RS.Dr.Soetomo diterbitkan oleh Bidang Penelitian dan Pengabdian Masyarakat STIKES Yayasan RS.Dr.Soetomo Surabaya, sejak tahun 2015. Fokusnya adalah pada pengembangan Studi Manajemen Kesehatan yang dilakukan melalui riset perpustakaan, atau penelitian lapangan. Publikasi jurnal akademik ini dimaksudkan untuk memperkaya ilmu-ilmu Manajemen Kesehatan yang telah berkembang saat ini.
Arjuna Subject : -
Articles 8 Documents
Search results for , issue "Vol 1, No 1 (2015): JMK Yayasan RS.Dr. Soetomo Oktober 2015" : 8 Documents clear
Perbandingan Pelaksanaan Informed Consent di IRNA Bedah Flamboyan Dengan IRNA Bedah Gladiol RSUD. Dr. Soetomo Surabaya Berdasarkan Standar Konsil Kedokteran Indonesia (KKI) Eka Wilda Faida
Jurnal Manajemen Kesehatan Yayasan RS.Dr. Soetomo Vol 1, No 1 (2015): JMK Yayasan RS.Dr. Soetomo Oktober 2015
Publisher : STIKES Yayasan RS.Dr.Soetomo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (302.273 KB) | DOI: 10.29241/jmk.v1i1.38

Abstract

ABSTRAKInformed consent merupakan persetujuan yang diberikan kepada pasien setelah diberikan penjelasan oleh dokter mengenai tindakan kedokteran. Tujuan dari penelitian ini diantaranya adalah untuk membandingkan prosedur pelaksanaan Informed To Consent, Informed Consent, Informed Refusal antara Irna Bedah Gladiol dengan Irna Bedah Flamboyan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Informed To Consent di Irna Bedah Gladiol lebih baik dibandingkan dengan Irna Bedah Flamboyan karena di Irna Bedah Gladiol yang tidak sesuai dengan standar KKI adalah hanya 5% lebih rendah 9% dibandingkan yang ada di Irna Bedah Flamboyan yaitu sebanyak 14%. Pada aspek Informed Consent di Irna Bedah Gladiol lebih buruk dibandingkan dengan Irna Bedah Flamboyan karena di Irna Bedah Gladiol yang tidak sesuai dengan standar KKI adalah sebanyak 6% lebih tinggi 1% dibandingkan yang ada di Irna Bedah Flamboyan yaitu hanya sebanyak 5%. Sedangkan Informed Refusal di Irna Bedah Gladiol adalah sama dengan Irna Bedah Flamboyan memiliki prosedur penolakan tindakan medis yang sudah baik karena memiliki nilai 100% sesuai berdasarkan standar KKI. Saran yang dapat diberikan peneliti adalah Perlu di lakukan evaluating, controlling dan monitoring agar menghasilkan kriteria penilaian yang sangat baik dan bermanfaat besar bagi rumah sakit. Perlu dilakukannya pemberian informasi secara tertulis. Misal, penempelan Leaflet yang menjelaskan cara pengisian berkas rekam medis maupun form persetujuan tindakan harus diisi dengan jelas, lengkap, dan benar yang ditujukan kepada pasien maupun peraturan yang menjelaskan tentang Informed Consent.
Analisis Pengaruh Equity Terhadap Niat Untuk Keluar Organisasi Muhadi Muhadi
Jurnal Manajemen Kesehatan Yayasan RS.Dr. Soetomo Vol 1, No 1 (2015): JMK Yayasan RS.Dr. Soetomo Oktober 2015
Publisher : STIKES Yayasan RS.Dr.Soetomo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (177.415 KB) | DOI: 10.29241/jmk.v1i1.43

Abstract

ABSTRAKSalah satu bentuk sikap yang mengancam keberadaan organisasi adalah niat untuk meninggalkan (keinginan untuk keluar) atau berpikir untuk mencari alternatif pekerjaan lain. Tujuan umum dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh equity terhadap niat untuk keluar dosen tetap di STIKES Insan Unggul Surabaya. Jenis penelitian bersifat deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Pendekatan Waktu yang digunakan untuk penelitian ini adalah desain penelitian cross-sectional. Penelitian ini dilakukan pada bulan Mei 2013.Sampel penelitian sebanyak 34 responden dosen tetap di STIKES Insan Unggul Surabaya. Analisis dilakukan dengan menggunakan regresi ordinal dan regresi multinomial. Kesimpulan dari penelitian ini adalah rasio input (apa yang diberikan seperti komitmen, beban kerja, keterampilan) lebih besar atau lebih tinggi dari output (apa yang diperoleh pengembangan, kompensasi dan kepuasan) dari STIKES Insan Unggul Surabaya.
Kepuasan Pelanggan Sebelum dan Setelah BLUD di RSUD Kabupaten Sidoarjo Andini Yulina Pramono
Jurnal Manajemen Kesehatan Yayasan RS.Dr. Soetomo Vol 1, No 1 (2015): JMK Yayasan RS.Dr. Soetomo Oktober 2015
Publisher : STIKES Yayasan RS.Dr.Soetomo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (288.735 KB) | DOI: 10.29241/jmk.v1i1.39

Abstract

ABSTRACTPrestasi kerja merupakan gambaran tingkat pencapaian atas penerapan program/kebijakan dalam rangka mewujudkan tujuan, misi dan visi organisasi, yang sudah tertulis di rencana strategis rumah sakit. Penilain prestasi merupakan salah satu petunjuk untuk menilai kualitas pelayanan rumah sakit. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa kepuasan pelanggan sebelum dan sesudah RSUD Kab Sidoarjo menjadi badan layanan umum daerah (BLUD). Penelitian ini menggunakan pendekatan observasi. Responden adalah 150 orang pasien rawat jalan dan rawat inap yang menggunakan jasa rumah sakit pada saat penelitian dilaksanakan, sebelum (sebelum 1998) dan sesudah rumah sakit menjadi BLUD. Penelitian ini dilaksanakan tgl 28 agustus 2013 sampai 2 september 2013 dengan metode observasi dan wawancara dan menggunakan questionnaire. Hasil-nya mayoritas pelanggan merasa puas , selebihnya tidak memuaskan.
Penilaian Tingkat Efisiensi Pengelolaan Rumah Sakit Dengan Aplikasi Grafik Barber-Johnson di Rumah Sakit Usada Sidoarjo Dyan Angesti
Jurnal Manajemen Kesehatan Yayasan RS.Dr. Soetomo Vol 1, No 1 (2015): JMK Yayasan RS.Dr. Soetomo Oktober 2015
Publisher : STIKES Yayasan RS.Dr.Soetomo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (639.535 KB) | DOI: 10.29241/jmk.v1i1.44

Abstract

ABSTRAKUpaya pemberian pelayanan terbaik kepada customer oleh pihak manajemen rumah sakit tidak dapat dipungkiri apabila membutuhkan cost yang tidak sedikit. Langkah ataupun kebijakan yang akan diambil pihak manajemen haruslah merupakan langkah yang bijak. Disinilah informasi yang dihasilkan oleh unit rekam medis memegang peranan penting. Informasi yang berkualitas menjadi bermanfaat bagi pengambil keputusan baik keperluan internal maupun eksternal rumah sakit tersebut. Penelitian ini dilakukan pada bulan Maret sampai dengan Juli 2010 bertempat di Rumah Sakit Usada Sidoarjo.Variabel pada penelitian ini adalah Bed Occupancy Rate (BOR), Bed Turn Over (BTO), Average Length of Stay (AvLOS), Turn Over Interval (TOI). Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan tujuan mengembangkan laporan rumah sakit menjadi sebuah grafik Barber Johnson menggunakan Microsoft Visual Basic 6.0 sehingga dapat dipergunakan sebagai alat bantu pengambilan keputusan bagi pihak manajemen.
Analisis Work Attitude dan Job Performance Program Pokok Puskesmas Di Kabupaten Gresik Anif Prasetyorini
Jurnal Manajemen Kesehatan Yayasan RS.Dr. Soetomo Vol 1, No 1 (2015): JMK Yayasan RS.Dr. Soetomo Oktober 2015
Publisher : STIKES Yayasan RS.Dr.Soetomo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (350.087 KB) | DOI: 10.29241/jmk.v1i1.40

Abstract

ABSTRAKPenelitian ini bertujuan menyusun strategi peningkatan cakupan program pokok Puskesmas berdasarkan analisis efektivitas tim, work attitude dan job performance unit kerja Puskesmas di Kabupaten Gresik. Jenis Penelitian adalah penilitian analitik dengan metode observasional yang bersifat cross sectional study dengan populasi seluruh unit kerja program pokok Puskesmas di Kabupaten Gresik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa work attitude unit kerja termasuk dalam kategori cukup dengan penilaian terendah pada subvariabel organizational commitment. Job performance unit kerja termasuk dalam kategori cukup dengan penilaian terendah pada OCB khususnya dimensi conscientiousness. Cakupan program pokok Pukskesmas di Kabupaten Gresik termasuk dalam kategori baik. Peningkatan cakupan program pokok Puskesmas dapat dilakukan dengan cara meningkatkan job satisfaction, job involvement, organizational commitment dan in role performance unit kerja Puskesmas.
Analisis Kepuasan Pelanggan Rawat Inap Puskesmas Berdasarkan Experiential Marketing Muhammad Risya Rizki
Jurnal Manajemen Kesehatan Yayasan RS.Dr. Soetomo Vol 1, No 1 (2015): JMK Yayasan RS.Dr. Soetomo Oktober 2015
Publisher : STIKES Yayasan RS.Dr.Soetomo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (177.274 KB) | DOI: 10.29241/jmk.v1i1.45

Abstract

ABSTRAKTujuan dari penelitian ini adalah menyusun rekomendasi untuk meningkatkan loyalitas pelanggan rawat inap Puskesmas Pasrepan Kabupaten Pasuruan berdasarkan experiential marketing yang terdiri dari sense, feel, think, act dan relate.Penelitian ini adalah penelitian survei.sampel dalam penelitian ini adalah pasien yang akan pulang setelah menjalani proses rawat inap di Puskesmas Pasrepan Kabupaten Pasuruan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa berdasarkan analisis pengalaman pasien terhadap sense, feel, think, dan act ada beberapa indikator akses dan proses pelayanan di Puskesmas Pasrepan yang memberikan pengalaman kurang baik kepada pasien diantaranya adalah keteduhan tempat parkir, cat dinding, kebersihan kamar mandi dan kelengkapan sarana non medis. Berdasarkan hasil analisis sense, feel, think, dan act cenderung berpengaruh terhadap relate pasien dalam hal memanfaatkan kembali layanan rawat inap dan melakukan advokasi kepada orang lain yang memerlukan layanan rawat inap. Meningkatkan loyalitas pelanggan dapat dilakukan dengan menyesuaikan sarana dan prasarana dengan standar yang ada dan dengan memperbaiki sense, feel, think, dan act pasien akan meningkatkan relate pasien terhadap rawat inap Puskesmas Pasrepan Kabupaten Pasuruan.
Evaluasi Kepuasan Pengguna Lulusan Terhadap Lulusan Program Studi Diploma III Rekam Medik Dan Informasi Kesehatan (RMIK) Dyan Angesti
Jurnal Manajemen Kesehatan Yayasan RS.Dr. Soetomo Vol 1, No 1 (2015): JMK Yayasan RS.Dr. Soetomo Oktober 2015
Publisher : STIKES Yayasan RS.Dr.Soetomo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (254.535 KB) | DOI: 10.29241/jmk.v1i1.41

Abstract

ABSTRAKPeranan stake holder tidak mungkin dapat dikesampingkan, karena merekalah pihak pengguna lulusan dari STIKES Yayasan Rumah Sakit Dr. Soetomo khususnya program studi RMIK. Kebutuhan dan penilaian stake holder dapat dipergunakan sebagai bahan evaluasi oleh STIKES dalam memperbaiki kualitas lulusan, memastikan bahwa lulusan telah memiliki kemampuan dan keahlian sesuai dengan kebutuhan pengguna lulusan serta digunakan sebagai umpan balik dalam rangka meningkatkan mutu lulusan secara keseluruhan. Jenis penelitian adalah penelitian deskriptif, dengan menggunakan variabel Integritas, Profesionalisme, Kepribadian, Kemampuan berkomunikasi, Leadership, Penguasaan tehnologi, Kerjasama tim dan Pengendalian diri. Populasi dalam penelitian ini adalah 27 instansi pelayanan kesehatan pengguna lulusan di kota Surabaya. Waktu pelaksanaan adalah bulan Juli-September 2013. Instrumen penelitian menggunakan lembar kuesioner. Hasil dari penelitian adalah pelanggan merasa puas terhadap integritas, Profesionalisme, Kepribadian, Kemampuan berkomunikasi, Leadership, Penguasaan tehnologi, Kerjasama tim dan Pengendalian diri dari alumni STIKES yayasan RS. Dr. Soetomo. Kepuasan pelanggan tertinggi terletak pada variable kepribadian lulusan, sedangkan tingkat kepuasan terendah terletak pada variable cara komunikasi lulusan STIKES yayasan RS. Dr. Soetomo.
Meningkatkan Keaktifan Mahasiswa Semester 3 Program Studi Rekam Medik dan Informasi Kesehatan melalui Think Pair Share (TPS) Sri Nawangwulan
Jurnal Manajemen Kesehatan Yayasan RS.Dr. Soetomo Vol 1, No 1 (2015): JMK Yayasan RS.Dr. Soetomo Oktober 2015
Publisher : STIKES Yayasan RS.Dr.Soetomo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (276.463 KB) | DOI: 10.29241/jmk.v1i1.42

Abstract

ABSTRAKSalah satu model pembelajaran untuk usaha peningkatan kemampuan mengajar dosen adalah pembelajaran dengan menggunakan pendekatan struktural dengan tipe Think-Pair-Share (TPS). Pada pembelajaran ini menekankan pada penggunaan struktur tertentu yang dirancang untuk mempengaruhi interaksi mahasiswa mampu lebih aktif dan bekerja sama dengan saling membantu dalam kelompok kecil. Tujuan penelitian ini adalah mempelajari peningkatan keaktifan mahasiswa melalui TPS pada mata kuliah Epidemiologi mahasiswa D3 Rekam Medis dan Informasi Kesehatan STIKES Yayasan RS. Dr. Soetomo Semester 3.Dari hasil analisis dan pembahasan dapat ditarik kesimpulan bahwa rata-rata keaktifan mahasiswa dilihat dari 10 aspek nilai, 9 aspek meningkat, yaitu keaktifan mahasiswa terhadap jumlah pertanyaan mahasiswa, keaktifan terhadap kualitas pertanyaan mahasiswa, keaktifan mahasiswa terhadap cara mahasiswa menjawab pertanyaan dosen di kelas, keaktifan mahasiswa terhadap kepatuhan mengerjakan tugas meningkat, keaktifan mahasiswa dalam diskusi meningkat, keaktifan mahasiswa terhadap kegiatan kelompok meningkat, keaktifan mahasiswa dalam cara bertanya dan menjawab pertanyaan dalam diskusi juga meningkat, keaktifan mahasiswa dalam melengkapi buku pelajaran epidemiologi tidak meningkat yaitu tetap, perhatian mahasiswa pada keseluruhan jalannya perkuliahan meningkat dan prosentase kehadiran juga meningkat.

Page 1 of 1 | Total Record : 8